6 tips atasi whatsapp (wa) tidak bisa mengirim dan menerima gambar atau video

Posted on

6 tips atasi whatsapp (wa) tidak bisa mengirim dan menerima gambar atau video – Whatsapp merupakan aplikasi messengger yang paling banyak diminati belakangan ini, tidak heran aplikasi ini mampu menjadi salah satu aplikasi yang paling populer dan paling banyak penggunanya.

Banyak pengguna perangkat mobile memilih aplikasi whatsapp untuk media chating karena fitur yang ditawarkan whatsapp sangat lengkap sekali, selain itu aplikasi ini sangat mudah sekali untuk digunakan dan sangat ringan.

Selain video calling fitur yang paling sering digunakan di whatsaapp adalah fitur untuk saling kirim terima pesan, dengan fitur ini si pengguna selain bisa mengirim pesan dalam bentuk teks, mereka juga bisa mengirim dan menerima pesan dalam bentuk media lainnya, seperti mengirim file suara, pesan video dan juga pesan dalam bentuk gambar.

Walaupun whatsapp boleh dibilang sebagai aplikasi yang sempurna dan kaya fitur, ternyata pada prakteknya banyak sekali pengguna yang menemukan kendala, salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna berkaitan dengan pengiriman pesan adalah mereka tidak bisa mengirim dan menerima pesan dalam bentuk media baik gambar maupun video.

Whats app Tidak bisa mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar maupun video terkadang penyebabnya bukan dikarenakan aplikasi whatsappnya, tapi bisa juga karena kendala di perangkat yang digunakan oleh si pengguna.

Sayangnya banyak pengguna yang tidak mengetahui solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara mengatasi whatsapp atau wa yang tidak bisa mengirim dan meneria pesan dalam bentuk gambar maupun video.

Solusi mengatasi whatsapp (wa) yang tidak bisa mengirim dan menerima gambar dan video

Untuk anda pengguna whatsapp yang kebetulan mengalami kendala tidak bisa mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar ataupun video, maka bisa jadi disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

Baca :  10 Tips seting kamera depan hp xiaomi agar menghasilkan foto berkualitas

1. Whatsapp yang anda gunakan sudah kadaluarsa.

Pastikan whatsapp yang digunakan adalah whatsapp versi terbaru, silahkan anda cek di google play store apakah sudah ada update terbaru dari whatsapp.

Jika update whatsapp sudah tersedia, maka silahkan lakukan update dan coba gunakan kembali whatsapp untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar.

2. Pastikan HP terhubung ke Internet.

Bisa jadi permasalahan whatsapp tidak bisa mengirim dan menerima gambar maupun video, karena hp tidak mendapatkan koneksi internet.

Pastikan hp terhubung ke internet, coba cek menggunakan pencarian google apakah berfungsi, jika hp sudah terhubung ke internet dan permasalahan masih saja ada, kemungkinan ada penyebab lainnya.

3. Lakukan clear cache dan data Whatsapp

Yang kedua yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki whatsapp yang tidak bisa mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar maupun video adalah dengan melakukan clear cache dan data untuk aplikasi whatsapp.

Untuk melakukan clear cache dan data aplikasi whatsapp langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Aktifkan hp android anda.

b. Masuk ke menu settings / setelan / pengaturan

c. Pada halaman pengaturan cari opsi menu instaled apps / apps

d. Pada halaman instaled apps /apps silahkan cari dan pilih aplikasi whatsapp untuk masuk ke halaman app info whatsapp.

e. Pada halaman info whatsapp, silahkan temukan dan tekan tombol clear cache dan clear data

f. Restart hp android anda.
Selanjutnya seletlah clear cache dan data silahkan anda restart hp android anda, kemudian jalankan kembali whatsapp dan coba untuk mengirim pesan dalam bentuk gambar atau video.

Beberapa kasus dengan cara ini berhasil mengatasi whatsapp yang tidak bisa mengirim maupun menerima pesan dalam bentuk gambar maupun video.

Baca :  5 Cara Mengatasi HP Android mudah panas dan cepat menguras baterai

4. Pastikan kapasitas penyimpanan masih memadai.

Pastikan kapasitas penyimpanan di hp android anda memadai, Jika penyimpanan hp and Anda penuh, WhatsApp tidak akan dapat menyimpan apa pun di kartu tersebut. Sediakan ruang kosong dengan menghapus file-file yang tidak diperlukan.

5. Pastikan Zona Waktu yang diseting di hp benar

Penyebab lainnya yang membuat whatsapp tidak bisa mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar maupun video adalah karena pengaturan time zone atau zona waktu di hp android salah sehingga whatsapp tidak bisa mengambil atau mengirim gambar dari / ke server whatsapp.

Jika zona waktu yang terpilih salah sebaiknya atur secara manual, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Untuk ponsel android:

a. Masuk ke menu settings / setelan

b. Setelah itu cari dan buka menu Tanggal & Waktu;

c. Kemudian matikan opsi Zona Waktu Otomatis dan tanggal dan  opsi Waktu Otomatisdengan cara menghilangkan centang pada keduanya;

d. Pilih zona waktu, pastikan zona waktu yang dipilih benar,  untuk indonesia barat misalnya, zona yang harus dipilih Waktu Indonesia Barat GMT +07:00.

Ponsel selain android:

  • iPhone: Buka Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu.
  • Windows Phone: Buka Pengaturan > Waktu dan bahasa > Tanggal dan waktu.
  • Nokia S40: Buka Menu > Pengaturan > Tanggal dan waktu > Pengaturan Tanggal & waktu.

Setelah pengaturan zona waktu diseting dengan benar, selanjutnya coba kembali untuk mengirim gambar atau video menggunakan aplikasi whatsapp.

6. Pastikan SDRAM tidak diseting ke hanya mode baca (read only)

Ini khusus untuk yang memindahkan penyimpanan whatsapp ke sdram, pastikan bahwa sd ram yang digunakan tidak berada dalam mode baca (read only).

Baca :  Cara Smartphone HP Xiaomi redmi note 4 Mediatek Agar tidak cepat panas

Cara mengeceknya, coba simpan file yang bukan berasal dari WhatsApp ke kartu SD Anda. Jika file berhasil disimpan, berarti kartu Anda tidak dalam mode hanya baca dan WhatsApp seharusnya dapat menyimpan file ke kartu tersebut.

Jika Anda tidak dapat menyimpan file apa pun, kemungkinan besar kartu Anda diatur ke mode hanya baca. Anda harus mengubah setelan ini, silakan lihat panduan pengguna telepon Anda untuk mengetahui caranya.

Itulah beberapa tips cara atasi whatsapp atau wa tidak bisa mengirim dan menerima gambar atau video, semoga dengan salah satu tips di atas bisa mengatasi permasalahan whatsapp di hp anda.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *