Cara Mudah Cek status unloack bootloader (UBL) hp xiaomi tanpa PC

Posted on

Cara Mudah Cek status unloack bootloader (UBL) hp xiaomi tanpa PC – Untuk anda yang sering oprek sistem android tentu tidak asing dengan yang namanya bootloader, karena bootloader ini sering menjadi acuan apakah hp bisa di root atau tidak.

Bootloder adalah sebuah program atau sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum Sistem Operasi (OS) mulai berjalan, berfungsi adalah untuk memuat OS (sistem operasi android) ketika hp dalam proses booting,

Selain itu bootloader juga mampu memberikan aksesibilitas untuk memodifikasi sistem, memverifikasi integritas OS juga menyediakan media untuk mengupdate perangkat

Saat ini hampir semua merk hp memiliki status bootloader terkunci (lock bootloader)dan tidak terkunci (unlock bootloader / ubl), tapi umumnya hp android keluaran terbaru status bootloadernya dalam keadaan terkunci.

Alasan pabrikan hp mengunci bootloader sebenarnya untuk memberikan tingkat keamanan kepada pengguna sehingga hp android miliknya tidak rentan terhadap ancaman perangkat lunak berbahaya sehingga kondisi sistem tetap baik dan tetap terjaga.

Status bootloader terkadang perlu diketahui untuk keperluan-keperluan tertentu, seperti ketika hp ingin ganti rom, pengguna ingin memodifikasi sistem android dan keperluan lainnya yang berkaitan dengan sistem android.

Sistem pada hp android baru bisa di modifikasi apabila status bootloadernya dalam keadaan terbuka atau dengan kata lain istilahnya adalah unlock boot loader (UBL), jika status bootloadernya masih terkunci (lock bootloader), maka sistem tidak akan bisa dimodifikasi.

Cara Mudah mengetahui status unloack bootloader (UBL) hp xiaomi tanpa PC

Untuk mengetahui status bootloader hp xiaomi apakah dalam keadaan masih terkunci atau dalam keadaan terbuka sebenarnya sangatlah mudah, bisa menggunakan PC atau tanpa menggunakan PC.

Namun Untuk xiaomi dengan versi MIUI 8 atau 9, status bootloader dapat diketahui secara langsung tanpa menggunakan PC.

Baca :  Tips mengatasi masalah Wifi hp android yang mati tidak mau aktif atau error

Langkah-langkah untuk mengecek status bootloader di hp xiaomi adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan Menu developer option

Untuk melihat status bootloader di hp xiaomi kita bisa melihatnya di menu developer option, tapi sayangnya Menu developer option secara bawaan memang dalam keadaan tersembunyi.

Oleh karena itu kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar menu developer option atau opsi pengembang muncul.

Cara untuk mengaktifkan menu developer di hp xiaomi sebenarnya sangat mudah langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu settings/ setelan
  • Pilih menu about phone / tentang ponsel
  • Pada halaman about phone / tentang ponsel, klik secara berulang opsi MIUI Versionhingga muncul informasi anda sudah menjadi pengembang.

2. Buka menu developer option

Jika menu developer option sudah diaktifkan, maka untuk melihatnya silahkan masuk ke menu settings / setelan > additional settings… / setelan tambahan… pada halaman setelan tambahan anda akan melihat menu baru dengan nama developer Options / Opsi pengembang

3. Cek status Bootloader

Untuk mengecek status bootloader hp xiaomi silahkan anda buka menu developer option (settings > additional settings…> Developer options)

Pada halaman deeloper options silahkan cari dan klik pada opsi MI Bootloader status,

Jika anda melihat tampilan seperti gambar di bawah ini itu artinya status bootloader hp xiaomi anda masih locked atau terkunci.

Namun jika melihat gambar di bawah ini itu artinya status bootloader hp xiaomi anda sudah unlock (ubl)

Jika status ootloader hp xiaomi anda sudah unlock bootloader (ubl), itu artinya anda bisa memodifikasi sistem xiaomi smartphone anda, seperti mengganti rom, twrf dan modifikasi sistem lainnya.

Bagusan mana unlock bootloader vs lock bootloader ?

Tergantung keperluan, untuk anda yang ingin memodifikasi sistem xiaomi tentunya akan memilih unlock bootloader, walaupun akan kehilangan garansi, namun untuk anda pengguna murni yang hanya menggunakan hp saja tidak lebih, lebih baik lock bootloader, agar hp tidak mudah terinveksi perangkat lunak berbahaya dan sistem tetap stabil.
Itulah artikel sederhana mengenai Cara Mudah Cek status unloack bootloader (UBL) hp xiaomi tanpa PC, semoga bermanfaat.
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *