Macam Macam Ukuran Foto 4R, 3R, 2R, 10R, 5R, 4×6, 2×3, Sesuai Standar

Posted on

Ukuran Foto – Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi yang lain. Alasan kenapa foto digunakan oleh manusia adalah salah satunya untuk mengabadikan momen-momen. Benda-benda, makhluk hidup, atau fenomena-fenomena akan termakan waktu apabila tidak diabadikan dalam bentuk foto. Selain itu foto juga dapat digunakan sebagai sebuah barang bukti yang kuat, meski kini sudah banyak orang yang bisa mengedit foto.

Pengertian Foto

Ukuran Foto

Foto bisa diartikan sebagai kata benda dan bisa menjadi kata kerja dengan sebutan “memfoto”. Saat ini banyak cara yang digunakan untuk mengambil foto, salah satunya adalah swafoto atau yang lebih akrab disebut selfie, yakni mengambil foto diri sendiri tanpa dibantu oleh orang lain. Swafoto sangat populer di kalangan anak muda zaman sekarang.

Sejarah Singkat tentang Fotografi

Ukuran Foto

Sejarah fotografi (ilmu tentang foto) berawal ketika masa sebelum masehi. Pada abad ke-5 sebelum masehi, seorang bernama Mo Ti mengamati suatu gejala, yakni ketika dinding ruangan yang gelap terdapat sebuah lubang kecil, maka bagian dalam ruang itu akan merefleksikan pemandangan di luar ruangan secara terbalik. Mo Ti merupakan orang pertama yang menemukan fenomena kamera obscura.

Nama kamera obscura diciptakan pada tahun 1611 oleh Johannes Kepler. Dia membuat desain kamera portable dengan membuat seperti sebuah tenda. Di dalam tenda tersebut terdapat ruangan yang sangat gelap, hanya sedikit cahaya yang ditangkap oleh lensa yang membentuk gambar keadaan di luar tenda di atas sebuah kertas.

Penelitian terus berlanjut. Pada 19 Agustus 1839, seorang bernama Louis Jacques Mande Daguerre dinobatkan sebagai orang pertama yang membuat foto sebenarnya, yakni sebuah gambar permanen pada lembaran plat tembaga. Proses ini dinamakan daguerreotype. Sebelumnya ia ingin mematenkan penemuannya itu, namun pemerintah Perancis lebih menyarankan untuk dibagikan ke seluruh dunia secara gratis.

Kemajuan teknologi memacu pula kemajuan fotografi dengan cepat. Kini kamera atau alat untuk mengambil foto sudah bermacam-macam dengan hasil tangkapan yang berkualitas tinggi. Beberapa jenis kamera di antaranya adalah kamera saku, DSLR, Bridge Camera, Kamera Mirrorless, kamera digital, kamera jam tangan, CCTV, hingga kamera smarphone.

Jenis Kertas untuk Mencetak Foto

Ukuran Foto

Kertas foto yang sering digunakan dalam dunia percetakan adalah matte, luster, glossy, dan metalik. Jenis kertas foto yang digunakan akan mempengaruhi hasil akhir foto. Selain itu, peralatan yang digunakan untuk mencetak juga mempengaruhi kualitas foto, termasuk juga jenis tinta yang digunakan. Semakin baik kualitas alat cetak dan tintanya, semakin baik pula kualitas foto yang dihasilkan.

1. Matte

Kertas foto dengan jenis matte ini memiliki sifat halus tetapi tidak mengkilat pada permukaannya. Jenis kertas ini memiliki kelebihan pada tekstur cetak. Selain itu, pada kertas ini sidik jari tidak akan terlihat. Untuk foto klasik yang berwarna hitam putih, kertas ini sangat baik. Dalam beberapa situasi, Matter sering digunakan oleh para fotografer profesional karena memiliki kualitas yang sangat bagus.

Baca :  contoh visi dan misi Pengertian, Manfaat, Perbedaan Visi dan Misi

2. Glossy

Seperti namanya, kertas jenis ini merupakan jenis kertas yang memiliki sifat mengkilap dan reflektif. Kualitas foto dari kertas jenis ini terlihad hidup dengan warna-warna yang tajam. Selain menawarkan saturasi yang cerah, kertas jenis ini tidak menghasilkan tampilan yang bertekstur seperti kertas jenis Matte sehingga tidak akan menghasilkan tampilan yang bertekstur ketika diubah menjadi format digital.

Ada beberapa kelemahan dari kertas jenis ini. Permukaan pada foto dengan kertas jenis ini cenderung menempel pada kaca ketika diberi bingkai. Kertas Glossy juga dapat meninggalkan sidik jari ketiga tersentuh dan rentan terhadap goresan. Biasanya foto-foto yang menggunakan kertas jenis ini adalah foto sehari-hari dan foto dengan warna cerah.

3. Luster

Kertas jenis ini menawarkan saturasi warna yang lebih dalam dibandingkan dengan kertas Matte. Hasil kertas foto Luster yang diterapkan memiliki sedikit lapisan yang berkilau dengan tekstur seperti mutiara. Kelebihan kertas jenis ini adalah tidak meninggalkan sidik jari ketiga tersentuh, anti silau, dan dapat menyajikan foto dengan kualitas tinggi untuk dipajang di bingkai dinding.

4. Metallic

Jenis kertas yang terakhir adalah metallic. Kualitas kertas jenis ini sangat tahan lama. Selain itu, hasil yang diberikan juga mengkilap, mencolok, dan metallic seperti logam. Bagi Anda yang menyukai foto yang memiliki durasi ketahanan yang cukup tinggi dan diiringi dengan kualitas yang baik, kertas metallic cocok untuk dicoba.

Ukuran Standar Foto

Ukuran Foto

Ukuran standar foto biasanya memakai satuan R seperti 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R. Biasanya, ukuran ini digunakan ketika hendak mencetak foto. R merupakan satuan yang digunakan sebagai acuan ukuran foto. Satuan ini sudah diterapkan di level internasional. Artinya, ukuran R di Indonesia sama dengan ukuran R di negara lain, seperti halnya satuan-satuan yang lain, seperti meter, liter, dan gram.

Detail Ukuran Foto dalam R ke cm

30R sama dengan 75 x 100 cm
24R sama dengan 60 x 80 cm
20R sama dengan 50 x 60 cm
16R sama dengan 40 x 50 cm
12R sama dengan 30 x 39 cm
10R sama dengan 25 x 38 cm
8R plus sama dengan 20 x 30 cm
8R sama dengan 20 x 25 cm
6R sama dengan 15 x 20 cm
5R sama dengan 12 x 17 cm
4R sama dengan 10 x 15 cm
3R sama dengan 8 x 12 cm
2R sama dengan 6 x 9 cm

Detail Ukuran Foto dalam R ke inci

30R sama dengan 30 x 40 inci
24R sama degnan 24 x 31.5 inci
20R sama dengan 20 x 24 inci
16R sama dengan 16 x 20 inci
12R sama dengan 12 x 15.5 inci
10R sama dengan 10 x 12 inci
8R plus sama dengan 8 x 12 inci
8R sama dengan 8 x 10 inci
6R sama dengan 6 x 8 inci
5R sama dengan 5 x 7 inci
4R sama dengan 4 x 6 inci
3R sama dengan 3.5 x 5 inci
2R sama dengan 2 x 3.5 inci

Ukuran Foto 3 x 4

Ukuran foto 3 x 4 biasanya digunakan dalam kepentingan-kepentingan dokumen resmi, seperti CV, ijazah, dan surat-surat lainnya. Karena itulah, tak jarang orang-orang akan menyimpan fotonya yang berukuran 3 x 4 dengan jumlah yang cukup banyak untuk kebutuhan sewaktu-waktu yang tidak terduga. Pas foto 3 x 4 biasanya akan dibuat resmi dengan memakai pakaian rapi atau hitam putih dengan background merah atau biru.

Ukuran Foto 3R

Foto ukuran 3R umumnya memiliki ukuran seperti kartu pos. Dalam satuan cm, ukuran 3R setara dengan 8,9 x 12,7 cm dan 3,5 x 5 dalam inci. Untuk mencetak foto dengan ukuran 3R, gambar yang hendak dicetak minimal harus berukuran 1051 x 1500 pixel agar ketika dicetak gambar tidak pecah. Foto tersebut dapat dipajang pada frame dengan ukuran 3R.

Baca :  Pengertian dan Cara Membuat Tanaman Hidroponik

Ukuran Foto 4R

Ukuran foto 4R lebih besar dibandingkan dengan ukuran 3R. Dalam satuan sentimeter, ukuran 4R setara dengan 10,2 x 15,2 cm atau 4 x 6 dalam inci. Untuk mencetak foto dengan ukuran 4R, sebaiknya gambar yang hendak dicetak memiliki ukuran minimal 1205 x 1795 pixel supaya gambar yang tercetak tidak pecah. Ukuran ini cukup populer untuk dicetak dan diberikan bingkai.

Ukuran Foto 5R

Selain ukuran 4R, foto dengan ukuran 5R juga tak jarang dicetak dan dibingkai untuk dipajang di dalam rumah. Biasanya foto kenang-kenangan kelulusan, ulang tahun, dan pernikahan memakai foto ukuran 5R. Dalam sentimeter, ukuran 5R setara dengan 12,7 x 17,8 cm dan 5 x 7 dalam satuan inci. Agar tidak pecah, gambar yang hendak dicetak sebaiknya memiliki ukuran minimal 1500 x 2102 pixel.

Ukuran Foto 10R

Ukuran foto 10R termasuk ukuran foto yang cukup besar. Ukuran ini setara dengan 254 x 305 mm atau 10 x 12 inci. Agar tidak pecah ketika gambar hendak dicetak dengan ukuran ini, sebaiknya pilih gambar dengan minimal 3000 x 3602 pixel untuk ukuran 10R atau 3000 x 4500 pixel untuk ukuran 10R plus. Jika tidak memiliki gambar dengan ukuran tersebut, Anda bisa meminta tempat percetakan untuk mengeditnya.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menggunakan Paint

Ukuran Foto

1. Buka gambar yang akan diubah ukurannya. Perhatikan pula ukuran pixelnya.
2. Pada pilihan “menu”, pilih “ubah ukuran”.
3. Sesuaikan ukuran dengan ukuran yang dikehendaki. Anda dapat memilih “presentase” atau “pixel”.
4. Untuk mempertahankan keseimbangan gambar, centang checkbox “pertahankan rasio aspek”. Dengan begitu, ukuran panjang dan lebar akan menyesuaikan.
5. Klik OK
6. Setelah ukuran telah disesuaikan, simpan gambar dengan cara menekan CTRL + S atau pilih “menu” kemudian “save”.
7. Foto sudah siap digunakan.

Aplikasi Smartphone Untuk Mengubah Ukuran Foto

Ukuran Foto

1. Photo and Picture Resizer

Software Photo and Picture Resizer sudah dipakai dan didownload oleh lebih dari 50.000 pengguna. Aplikasi ini memberikan fitur berupa kemudahan dalam mengatur ukuran foto. Untuk mengubah ukuran foto, caranya sangat mudah, yakni dengan cara memilih foto yang hendak diubah ukurannya. Kemudian, akan muncul tampilan untuk mengubah ukuran foto (panjang dan lebar). Foto pun siap digunakan.

2. Images Easy Resizer

Images Easy Resizer ini tak hanya berguna untuk mengubah ukuran foto, namun bisa juga mengubah format gambar JPG menjadi PNG. Cara menggunakan aplikasi ini untuk mengubah ukuran cukup mudah, yakni hanya tinggal memilih foto yang ukurannya hendak diubah, lalu mengatur ukuran yang dikehendaki. Jika sudah, gambar tinggal disimpan.

3. Reduce Photo Size

Aplikasi ini lebih khusus untuk mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil. Selain kecil dalam ukuran panjang lebarnya, foto yang diedit dengan aplikasi ini memiliki ukuran file yang ringan sehingga tidak terlalu memakan ruang di ponsel. Yang menjadi nilai lebih dari aplikasi ini adalah hasil gambar yang telah diubah ukurannya tersebut dapat langsung dibagikan melalui facebook.

4. Compress Image Size in KB & MB

Apabila foto yang Anda milki terlalu besar, Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Compress Image Size in KB & MB lebih khusus untuk mengubah ukuran file menjadi lebih kecil sehingga tidak memenuhi memori pada smartphone Anda. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni hanya tinggal memasukkan foto yang hendak diubah ukurannya, kemudian ketikkan ukuran file yang dikehendaki. Tunggu sebentar dan gambar Anda sudah jadi.

5. Photo Resizer

Aplikasi Photo Resizer dapat mengubah ukuran foto yang dilengkapi dengan empat ukuran foto, yakni 1024 x 768 pixel, 800 x 600 pixel, 640 x 480 pixel, dan 480 x 320 pixel. Jika Anda tidak terlalu cocok dengan ukuran tersebut, aplikasi ini menyediakan fitur custom size. Jadi, Anda bebas untuk menentukan berapa ukuran foto yang dikehendaki. Maksimal ukuran hasil editing aplikasi ini adalah 2048 x 2048 pixel.

Baca :  Pengertian,Tujuan,Manfaat,Dalil, Asmaul Husna dan Arti Gambar

6. Resize Me!

Seperti namanya, aplikasi Resize Me! merupakan aplikasi untuk meresize atau mengatur ukuran dari sebuah foto. Aplikasi ini berguna bagi Anda yang ingin mengubah ukuran foto baik dengan cara manual maupun otomatis. Selain bisa mengubah ukuran foto, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengubah rotasi foto dan juga memotong foto.

7. Photo Compress 2.0

Aplikasi Photo Compress 2.0 memiliki fitur pengecilan foto seperti yang diinginkan oleh para penggunanya. Seperti aplikasi pengubah ukuran foto lainnya, untuk menggunakan aplikasi ini Anda cukup memilih foto yang hendak diubah ukurannya, kemudian masukan ukuran yang dikehendaki, dan foto dengan ukuran baru sudah siap untuk disimpan. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengubah ukuran banyak foto sekaligus.

8. Adobe Photoshop Express

Adobe Photosop Express sama-sama datang dari developer Adobe seperti halnya Adobe Photoshop. Masih sama seperti aplikasi pengubah ukuran foto yang lain, menggunakan aplikasi ini untuk mengubah foto amat mudah. Caranya, masukan foto yang ingin diubah ukurannya, kemudian pilih resize tools, lalu ubah ukuran sesuai dengan kebutuhan. Foto pun siap untuk digunakan.

9. Photo Resizer HD

Seperti Photo Compress 2.0, Photo Resizer HD ini dapat mengubah ukuran beberapa foto secara bersamaan. Hal ini karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur multiple resize photos yang memungkinkan untuk mengubah ukuran banyak foto hanya dalam satu kali klik. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit satu persatu foto. Cara menggunakannya masih sama dengan aplikasi yang lain.

10. Resize Photo

Aplikasi yang dinaungi oleh developer GetProf ini memiliki fungsi untuk memperkecil ukuran foto. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini menyuguhkan fitur memperkecil ukuran foto secara otomatis maupun manual sesuai ukuran yang terdapat pada aplikasi. Resize Photo juga menjamin bahwa hasil editing foto dengan aplikasi ini tidak akan memperburuk kualitas foto. Hasil dari editing dengan aplikasi ini dapat langsung dibagikan di akun media sosial Anda.

11. Photo Editor

Sesuai namanya, Photo Editor digunakan khusus untuk mengedit foto. Fungsi dan fitur dari aplikasi ini mirip dengan Adobe Photoshop Express, yakni sebuah aplikasi untuk edit foto dengan fitur memperkecil ukuran foto. Selain memiliki fitur editing foto, Photo Editor juga bisa digunakan untuk mengubah ukuran foto. Caranya hanya tinggal pilih gambar, sesuaikan ukuran yang dikehendaki, dan simpan gambar Anda.

12. Image Size – Photo Resizer

Satu lagi aplikasi untuk mengubah ukuran foto, Aplikasi Image Size Photo Resizer ini merupakan sebuah aplikasi besutan Codenia yang dikhususkan untuk mengecilkan ukuran foto. Fitur aplikasi ini pun termasuk lengkap. Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengecilkan ukuran foto berdasarkan ukuran sentimeter, milimeter, inci, dan pixel. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya perlu masukkan foto, pilih ukuran, dan simpan.

Foto merupakan sebuah sarana untuk mengabadikan momen-momen istimewa serta mengabadikan benda-benda yang tidak abadi seperti makhluk hidup. Maka dari itu, kini foto pun sudah mulai dianggap penting dalam kehidupan. Namun, hal ini juga harus tetap dibatasi karena banyak kasus yang merenggut nyawa hanya karena ingin mengabadikan momen, seperti seorang yang jatuh dari bangunan ketika hendak melakukan swafoto.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *