Pengertian Aliansi Dan Bentuknya dalam bidang Pemasaran

Posted on

Pengertian Aliansi Dan Bentuknya dalam bidang Pemasaran – Pada prinsipnya, aliansi dilakukan oleh perusahaan untuk saling berbagi biaya, resiko dan manfaat. Aliansi pada umumnya terjadi pada rentang waktu tertentu, selain itu pihak yang melakukan aliansi bukanlah pesaing langsung, namun memiliki kesamaan produk atau layanan yang ditujukan untuk target yang sama. Dengan melakukan aliansi, maka pihak-pihak yang terkait haruslah menghasilkan sesuatu yang lebih baik melalui sebuah transaksi. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Aliansi serta bentuk aliansi dalam bidang pemasaran.

Definisi Aliansi

Menurut Lambe, Spekman, dan Hunt (2002), aliansi adalah suatu usaha kolaboratif antara dua atau lebih perusahaan, mereka menyatukan sumber daya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama yang tidak dapat dicapai dengan mudah apabila dilakukan sendiri.
Menurut Hutt (2000:1), Aliansi sebagai strategi utama yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan kecil,
menengah maupun besar saat ini. Kerjasama aliansi ini berguna bagi perusahaan untuk memperoleh kompetensi baru, melindungi keunggulan sumber daya yang dimiliki perusahaan maupun memperkecil resiko usaha.

Menurut Griffiths dan Terry, aliansi adalah merupakan suatu kesepakatan antara dua atau lebih negara untuk bekerjasama dalam masalah keamanan secara timbal balik. Artinya, aliansi merupakan kesepakatan, baik formal atau non-formal, dalam konteks keamanan dan pertahanan agar dapat mempertahankan diri dari ancaman negara lain.
Menurut Elmuti dan Kathawala dalam Handoko (2008:54), aliansi adalah kerjasama (partnerships) antara dua atau lebih perusahaan atau unit bisnis yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang signifikan secara strategis yang saling menguntungkan.
Menurut Rich (2003), aliansi adalah hubungan kooperatif antara dua atau lebih organisasi independen, untuk mencapai tujuan keuntungan bisnis bersama selama aliansi tersebut secara ekonomis memungkinkan.

Bentuk Aliansi Dalam bidang pemasaran

  1. Aliansi produk atau pelayanan, dimana dua atau lebih perusahaan memasarkan masing-masing produknya yang saling melengkapi atau suatu produk baru.
  2. Aliansi promosi, suatu perusahaan setuju untuk melakukan promosi produk atau jasa perusahaan lain.
  3. Aliansi logistik, dalam hal ini suatu perusahaan setuju untuk memberikan dukungan logistik untuk perusahaan lain.
  4. Kolaborasi harga, dimana dua atau lebih perusahaan turut serta dalam kolaborasi harga khusus dan ini biasanya pada jaringan perhotelan atau supermarket.
Baca :  Contoh teks laporan hasil observasi
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *