Pengertian Argumentasi Dan Ciri-Cirinya

Posted on

Pengertian Argumentasi Dan Ciri-Cirinya – Apa Yang Dimaksud dengan Argumentasi….? Argumentasi digunakan untuk memberitahu orang lain dan meyakinkan mereka tentang kebenaran. dan disusun oleh perseorangan yang diperoleh dari proses berpikir terhadap suatu kejadian. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Argumentasi serta ciri-cirinya.

Definisi Argumentasi

Pengertian Argumentasi Adalah sebuah ilmu dari hasil pemikiran yang cermat. Argumentasi mencoba membuat orang mau menerima suatu penilaian bahkan kadang-kadang untuk bertindak atas dasar penilaian tersebut.
Menurut Depdiknas, Argumentasi adalah pemberian alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan
Argumentasi adalah pendapat seseorang tentang pemikirannya yang melalui fakta yang mampu untuk mempengaruhi, penggunaan fakta ini untuk meyakinkan orang lain tentang kebenaran atas pemikirannya.
Menurut Nursisto menyatakan bahwa argumentasi adalah karangan yang berusaha memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Karangan argumentasi pasti memuat argumen, yaitu bukti dan alasan yang dapat meyakinkan orang lain bahwa pendapat yang disampaikan benar.
Seperti dikutip dari wikipedia. Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan objektif di mana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat. Yang bertujuan agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti

Secara umum argumentasi adalah usaha untuk meyakinkan bahwa pernyataan, pendapat, sikap, atau keyakinan, dengan didukung oleh fakta-fakta sehingga bernilai benar.

Ciri – ciri Argumentasi

  1. Terdapat pernayataan atas suatu pendapat.
  2. Menyertakan alasan untuk meyakinkan orang lain mengenai pendapat yang disampaikan.
  3. Mengandung bukti kebenaran berupa data dan fakta pendukung yang relevan.
  4. Analisis yang dilakukan berdasarkan data dan fakta yang disampaikan.
Sedanglan argumentasi yang kuat harus mengandung lima ciri-ciri. Lima ciri-ciri tersebut antara lain:
  1. Klaim (claim),
  2. Bukti afirmatif (setuju) dan bukti kontradiktif (bantahan)
  3. Garansi/justifikasi (warrant)
  4. Kompromi (concessions)
  5. Sumber aset (reservations).
Baca :  contoh hipotesis penelitian, pengertian,Bentuk, Konsep
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *