Pengertian Gerak Manipulatif Serta Contohnya

Posted on

Pengertian Gerak Manipulatif Serta Contohnya – Keterampilan manipulatif merupakan bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor. Berhubungan dengan benda diluar dan harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan. Apa yang dimaksud dengan Gerak Manipulatif. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Gerak Manipulatif serta contoh-contohnya.

Definisi Manipulatif

Menurut Sujiono (2007 : 12.4) mengatakan bahwa gerak manipulatif adalah aktifitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.

Menurut Pramono Dkk (2010:9) menyatakan bahwa gerak Manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu misalnya, bola, raket, atau kayu pemukul. Contoh melempar, menangkap, menggiring, menendang, memantul-mantulkan bola, melambungkan.

Manipulatif merupakan keterampilan gerak kompleks yang akan dilewati oleh setiap anak selama masa perkembangannya. Oleh karena itu, anak yang

sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan sangat memerlukan kotrol yang terstruktur dari orang dewasa.

Perkembangan gerak manipulatif adalah suatu keterampilan memanipulasi obyek sambil bergerak. Kemampuan melempar dan menangkap menjadi salah satu kemampuan manipulatif yang sangat diperlukan pada masa perkembangan. Karena keterampilan ini dapat menopang terhadap kebutuhan gerak pada usia anak-anak. Adapun keterampilan lainnya seperti menendang, menggiring, dan memukul (smash) bola diperlukan pada usia remaja dan dewasa.

Keterampilan manipulatif dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Menjauhkan obyek: melempar, memukul, menendang.
  • Menambah penguasaan: menangkap, mengumpulkan, mengambil.
  • Bergerak bersama: membawa, memantul-mantulkan (dribbling).

Contoh Gerak Manipulatif

  1. Menangkap
  2. Melempar
  3. Menyerang
  4. Menendang
  5. Memvoli
  6. Memelanting
  7. Bergulir
  8. Menyepak
  9. Menggelinding
  10. Melambung
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *