Pengertian Jaringan Xilem Dan Unsurnya

Posted on

Pengertian Jaringan Xilem Dan Unsurnya – Setiap tumbuhan yang memiliki jaringan pengangkut disebut tumbuhan vaskuler. Jaringan pengangkut terdiri dari xilem dan floem dan bersama-sama disebut sebagai barkas vaskuler (berkas pembuluh pengangkut). Xilem dan floem merupakan jaringan yang komplek dengan ciri-ciri khusus.


Xilem (pembuluh kayu), disusun oleh tipe-tipe sel yang berbeda, baik yang masih hidup maupun yang telah mati. Xilem tersusun atas trakeid dan trakea sebagai sistem penghantaran yang meluas ke seluruh bagan tumbuhan. Kadang jaringan ini juga berfungsi sebagai jaringan penyokong. Nah berikut adalah penjelasan seputar pengertian jaringan Xilem serta Unsur-Unsur Xilem.

Definisi jaringan Xilem

Xilem merupakan suatu jaringan pengangkut yang kompleks terdiri dari berbagai macam bentuk sel. Pada umumnya sel-sel penyusun xilem telah mati dengan dinding yang sangat tebal tersusun dari zat lignin sehingga xilem berfungsi juga sebagai jaringan penguat. Xilem terdiri dari trakeid dan unsur pembuluh. Trakeid ditemukan di dalam xilem hampir semua tumbuhan vaskuler.

Xilem adalah sebagai tempat pengangkut air dan unsur hara yang diperoleh dari penyerapan oleh akar menuju ke daun. Jaringan xilem merupakan jaringan yang sangat kompleks yang tersusun dari berbagai macam sel.

Seperti dikutip dari wikipedia. Pembuluh kayu atau

xilem adalah merupakan salah satu dari dua kelompok utama jaringan pembuluh yang dimiliki oleh tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta). xilem berfungsi menyalurkan zat bahan fotosintesis dari akar ke daun. xilem merupakan saluran utama bagi transportasi air beserta semua substansi yang terlarut di dalamnya dari akar (dan juga bagian tubuh tumbuhan lain yang menyerap air) menuju bagian lain tumbuhan, terutama daun. Kayu dibentuk terutama dari kumpulan xilem.

Unsur-Unsur Xilem

  1. Unsur Trakeal. Ini merupakan unsur yang bertugas dalam pengangkutan air besera zat terlarut di dalamnya, dengan sel-sel yang memanjang, tidak mengandung protoplas (bersifat mati), dinding sel berlignin, mempunyai macam-macam noktah. Unsur trakeal terdiri dari dua macam sel yaitu trakea dan trakeida
  2. Serat xilem. Ini merupakan sel panjang dengan dinding sekunder yang biasanya berlignin. Ada dua macam serat pada tumbuhan, yakni serat trakeid dan serat libriform. Serat libriform mempunyai ukuran lebih panjang dan dinding selnya lebih tebal dibanding serat trakeid. Dijumpai adanya noktah sederhana pada serat libroform, sedangkan serat trakeid memiliki noktah terlindung.
  3. Parenkim xilem. Ini biasanya tersusun dari sel-sel yang masih hidup. Dijumpai pada xilem primer maupun xilem sekunder. Pada xilem sekunder dijumpai dua macam parenkim, yaitu parenkim katu dan parenkim jari-jari empulur.
Baca :  Contoh Sumber Energi Alternatif dan pengertian Menurut para ahli
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *