Pengertian Kasih Sayang dan Bentuknya dalam Kehidupan

Posted on

Pengertian Kasih Sayang dan Bentuknya dalam Kehidupan – Apa Arti Dari Kasih Sayang……? Kasih sayang merupakan kebutuhan dasar dari setiap manusia, tanpa kasih sayang manusia tidak akan pernah ada dimuka bumi ini. Kita lahir didunia ini karena adanya kasih sayang, bahkan ketika kita matipun masih akan selalu mendapatkan kasih sayang. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian dari kasih sayang.

Definisi Kasih Sayang

Kasih sayang adalah dua suku kata yang saling berkaitan dan masing-masing memiliki makna tersendiri tetapi selalu dipasangkaan dan selalu berdampingan. Kata kasih sangat lah banyak tergantung dari sudut mana kita memandang permasalahannya dan subjeknya.
Makna kata kasih dan sayang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdiknas, 2002: 394, dan 789) bersifat sirkumlokutif (berputar-putar). Pada pemberian definisi kata kasih dinyatakan, “perasaan sayang (cinta, suka kepada)”, sedangkan pada kata sayang dinyatakan, “kasihan … sayang akan (kpd); mengasihi”. Oleh karena itu, penentuan pengertian kata kasih sayang hendaknya bersifat serentak, bukan terpisah antara kata kasih dan sayang.
Menurut Muhardi (1986: 64) kata kasih sayang merujuk pada kata philia (cinta sesama manusia), karena di samping kata philia ada kata agape (cinta kepada Tuhan), kata eros dan amour (cinta antara laki-laki dengan perempuan, biologis). Dengan demikian, kasih sayang merujuk pada perasaan cinta sesama manusia, baik kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain.
Dalam Al-Qur`an, kasih sayang dipresentasikan dalam kata Ar- Rahmah (kasih
sayang). Kasih sayang merupakan sifat Allah yang paling banyak diungkapkan dalam al-Qur`an dalam bentuk kata yang berbeda yaitu Ar-Rahman yang biasanya dirangkaikan dengan kata Ar-Rahim yang berarti pengasih dan penyayang yang menunjukkan sifat-sifat Allah. Kata rahman dan rahim merupakan sifat Allah yang paling banyak diungkapkan dalam Al-Quran, yaitu sebanyak 114 kali.

Menurut Marsudi Fitro Wibowo (2008) makna kasih sayang tidaklah berujung, sedangkan rasa kasih sayang adalah sebuah fitrah yang mesti direalisasikan terhadap sesama sepanjang kehidupan di dunia ini ada, tentunya dalam koridor-koridor Islam.

Pengertian kasih sayang dan kelembutan

  1. Kasih sayang dan kelembutan merupakan ciri khas manusiawi.
  2. Kasih sayang dan kelembutan merupakan sangat diperlukan dalam proses pendidikan karena dengan kasih sayang dan kelembutan berarti dibangun dan dipelihara kedekatan antara pendidik dan peserta didik.
  3. Dalam Islam, kasih sayang dan kelembutan merupakan salah satu akhlak mulia manusia. Kasih sayang dan kelembutan bukan hanya dikaitkan antara manusia dengan dirinya dan dengan manusia lain, tetapi juga terhadap makhluk lain ciptaan Sang Khalik, misalnya lingkungan alam sekitar.
Baca :  Pengertian,Jenis-jenis Hutan dan Fungsinya, Manfaat

Lalu, apa kata psikolog tentang kasih sayang?

Menurut situsĀ Biopsychology, definisi kasih sayang seringkali diartikan sebagai suatu perasaan yang diberikan dan diterima oleh seseorang, dalam konteks hubungannya dengan cinta. Namun, hal ini tidak bisa diartikan secara mutlak. Pasalnya, suatu bentuk emosi bukanlah sesuatu yang dapat diberikan ataupun diterima. Emosi adalah sesuatu yang secara sederhana dirasakan, layaknya rasa marah maupun rasa bahagia. Karenanya, kasih sayang tidak secara mutlak didefinisikan sebagai suatu bentuk emosi, melainkan perasaan yang diberikan oleh satu orang ke seseorang, atau sesuatu lainnya.

Kasih sayang merupakan sesuatu yang mengalir di antara manusia, diterima, dan diberikan. Untuk memberikan maupun merasakan kasih sayang, seseorang membutuhkan suatu bentuk usaha. Dalam hubungannya antara satu makhluk dan makhluk lain, kasih sayang berbentuk non-seksual, di mana setiap orang yang memiliki rasa cinta terhadap orang lain bisa merasakannya. Hal ini dibuktikkan dengan adanya kasih sayang yang timbul dari rasa cinta seorang ibu kepada anaknya, seorang kakak kepada adiknya, dan tentu saja seorang pria kepada wanita, ataupun sebaliknya. Ditambah lagi, definisi kasih sayang bukanlah sesuatu yang hanya diberikan antar-manusia, melainkan juga kepada spesies lainnya. Manusia bisa merasakan dan memberikan kasih sayang kepada hewan peliharaannya, baik itu kucing, anjing, maupun hewan lainnya.

Apakah kasih sayang dan cinta merupakan dua hal yang berbeda?

Ya, kasih sayang dan cinta merupakan dua hal yang berbeda. Pasalnya, kasih sayang muncul sebagai salah satu bentuk cinta, dan bukan satu-satunya wujud dari cinta itu sendiri. Cinta merupakan sesuatu yang lebih rumit, dengan cakupan yang lebih luas. Bentuk dari cinta bisa bermacam-macam, baik itu dalam bentuk kasih sayang, perhatian, pemahaman antara satu sama lain, dan hubungan seksual. Sementara kasih sayang adalah suatu wujud dari pengungkapan cinta yang diberikan oleh seseorang kepada sesuatu atau orang lain yang memang dicintainya.

Baca :  Penjelasan ,Ciri, Struktur Tubuh, Klasifikasi Ciliata (Filum Ciliophora)

Nah, itu dia penjelasan mengenai definisi kasih sayang dan bentuknya. Semoga bermanfaat!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *