Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli dalam berbagai Bidang

Posted on

Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli dalam berbagai Bidang – Kata Kontribusi berasal dari bahasa inggris yaitu contribute, contribution, yang artinya adalah keikutsertaan, keterlibatan, melibatkan diri maupun sumbangan. Maka dapat dikatakan bahwa kontribusi bisa berupa materi atau tindakan dimana Hal yang bersifat materi misalnya seorang individu memberikan pinjaman terhadap pihak lain demi kebaikan bersama. Sedangkan sebagai tindakan yaitu berupa perilaku yang dilakukan oleh individu yang kemudian memberikan dampak baik positif maupun negatif terhadap pihak lain.

Dengan kontribusi berarti individu tersebut juga berusaha meningkatkan efisisensi dan efektivitas hidupnya. Hal ini dilakukan dengan cara menajamkan posisi perannya, sesuatu yang kemudian menjadi bidang spesialis, agar lebih tepat sesuai dengan kompetensi. Kontribusi dapat diberikan dalam berbagai bidang yaitu pemikiran, kepemimpinan, profesionalisme, finansial, dan lainnya.
Menurut Kamus Ekonomi, pengertian kontribusi adalah merupakan sesuatu yang diberikan bersama-sama dengan pihak lain untuk tujuan biaya, atau kerugian tertentu atau bersama. Sehingga kontribusi disini dapat diartikan sebagai sumbangan yang diberikan oleh bidang pariwisata terhadap pendapatan asli daerah (PAD).
Menurut T. Guritno (2000). Pengertian kontribusi adalah sumbangan yang diberikan seseorang sebagai upaya membantu kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan. Hal yang dibutuhkan ini bisa dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkenal bencana.
Secara Umum Definisi kontribusi adalah merupakan suatu keterlibatan yang diberikan oleh individu atau badan tertentu yang kemudian memposisikan perannya sehingga menimbulkan dampak tertentu yang dapat dinilai dari aspek sosial maupun aspek ekonomi.

Pengertian Kontribusi Menurut Para Ahli

Definisi kontribusi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Dany H. (2006 )
Kontribusi dalam pemahamannya, definisi kontribusi adalah suatu bentuk sumbangan berupa material (uang) yang bisa sokongan atau sumbangan. Sumbangan ini bisa dilakukan dengan kolektif seperti yang dilakukan dalam salah satu situs KitaBisa yang dikumpulkan dalam pembangunan masyarakat.

Baca :  Pengertian Sejarah, fungsi,tujuan,kegunaan Menurut para Ahli

Yandianto (2000)
Makna kontribusi adalah kumpulan adanya uang iuran yang di dapatkan dari anggota atau masyarkat yang bentuknya sumbangan. Sumbangan ini kemudian dikelola dan diharapkan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam masyarakat itu sendiri.

T. Guritno (2000)
Menuruntnya pengertian kontribusi adalah sumbangan yang diberikan seseorang sebagai upaya membantu kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan. Hal yang dibutuhkan ini bisa dilakukan secara bersama dalam membantu masyarakat yang terkenal bencana.

Contoh Kontribusi dalam Masyarakat

Contoh yang diberikan dalam memperelasan kontribusi ini misalnya saja ketika di daerah-daerah di Indonesia yang terkenal bencana alam. Pengertian bencana alam ini ialah bencana yang disebebkan karena kerusakan sumber daya alam, misalnya saja ketika di Jakarta terkenal banjir. Masyarakat secara langsung dalam bentuk pantungan memberikan kontribusinya, dengan memberi sumbangan pakaian, buku, dan hal-hal lainnya yang diperlukana.

Manfaat Kontribusi

Adapun mengenai manfaat dari adanya kontribusi dalam masyarakat ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Memperkuat integrasi sosial masyarakat
  2. Membantu masyarakat yang kekuarangan
  3. Mendorong masyarakat untuk bisa melakukan trobosan-trobosoan baru dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupannya
  4. Menumbuhkan sikap kepedulian dalam kehidupan masyarakat.
Share