Pengertian Makalah serta Karakteristiknya

Posted on

Pengertian Makalah serta Karakteristiknya – Apa yang dimaksud dengan makalah. Nah mungkin kata makalah sudah tidak asing lagi bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah ataupun mahasiswa. Makalah termasuk salah satu jenis karya ilmiah yang memiliki beberapa karakteristik. Berikut adalah penjelasan tentang seputar pengertian Makalah, Karakteristik Makalah dan ciri khusus makalah yang baik.

Definisi Makalah

Makalah adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu tema tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. Makalah ini umumnya merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu tugas mata kuliah, makalah dapat berupa kajian pustaka ataupun dapat juga berupa hasil kegiatan di lapangan.
Makalah adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membahas satu permasalahan tertentu sebagai hasil kajian pustaka ataupun kajian lapangan .
Makalah disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas tertentu (tugas akademik maupun tugas nonakademik). Sebagai sarana untuk mendemonstrasikan pemahaman penulis tentang pokok permasalahan teoretis yang dikaji atau kemampuan penulis dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan masalah tertentu. Dan Sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah, jadi bukan rangkuman.
Menurut (Siswoyo Harjodipuro, 1982 : 47); makalah adalah Suatu karya tulis, baik yang ditulis oleh para mahasiswa sebagai
pemenuhan tugas mata kuliah maupun yang ditulis oleh para sarjana sebagai hasil studi atau penyelidikan.

Menurut (M. Widyamartaya dan Veronika Sudiarti, 1997 : 74) makalah ialah Suatu karya tulis yang disusun oleh seseorang atau kelompok yang membahas suatu pokok bahasan yang merupkan hasil penelitian di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Karakteristik Makalah

  • Merupakan hasil kajian literatur dan/atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan;
  • Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan;
  • Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan;
  • Mendemonstrasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.

Ciri khusus makalah yang baik

  • Data yang digunakan mempunyai validitas yang tinggi dan analisis serta interpretasi haruslah objektif.
  • Makalah harus mampu menunjukkan kejujuran ilmiah penulis. Dalam hal ini, penulis makalah harus menyebutkan dengan jelas sumber data dan pendapat yang digunakan dalam makalahnya.
  • Makalah harus menggunakan bahasa yang jelas, tegas, singkat, sederhana, dan teliti .
  • Makalah harus sistematis dan utuh .
  • Keutuhan satu makalah di dukung oleh Thesis .
  • Kesiapan melayani kantor pemerintah
  • Tingkatkan kompetensi melayani pegawai negeri guna mencitpakan pemerintah yang berdaya saing.
Baca :  Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup,Contoh,Tujuan,Jenis
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *