Pengertian Oksigen (O2) dan Manfaat nya

Posted on

Pengertian Oksigen (O2) dan Manfaat nya -Sistem pernapasan berperan penting untuk mengatur pertukaran oksigen dan karbondioksida antara udara dan darah. Oksigen diperlukan oleh semua sel untuk menghasilkan sumber energy, adenosine triposfat (ATP), karbondioksida dihasilkan oleh sel-sel yang secara metabolisme aktif dan membentuk asam, yang harus dibuang dari tubuh. Untuk melakukan pertukaran gas, system kardiovaskuler dan system respirasi harus bekerjasama. Sistem kardiovaskuler bertanggungjawab untuk perfusi darah melalui paru. Sedangkan sistem pernapasan melakukan dua fungsi terpisah ventilasi dan respirasi.

Definisi Oksigen (O2)

Oksigen (O2) adalah salah satu komponen gas dan unsur vital dalam proses metabolisme. Oksigen memegang

peranan penting dalam semua proses tubuh secara fungsional serta kebutuhan oksigen merupakan kebutuhan yang paling utama dan sangat vital bagi tubuh. Oksigen diperlukan sel untuk mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti aktivitas fisik, penyerapan makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh, juga penghancuran beberapa racun sisa metabolism.

Oksigen merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan dalam proses kehidupan karena oksigen sangat berperan dalam proses metabolisme tubuh. Kebutuhan oksigen didalam tubuh harus terpenuhi karena apabila berkurang maka akan terjadi kerusakan pada jaringan otak dan apabila berlangsung lama akan menyebabkan kematian Proses pemenuhan kebutuhan oksigen pada manusia dapat dilakukan dengan cara pemberian oksigen melalui saluran pernafasan, pembebasan jalan nafas dari sumbatan yang menghalangi masuknya oksigen, memulihkan dan memperbaiki organ pernafasan agar berfungsi secara normal.

Pemberian oksigen berupa pemberian oksigen ke dalam paru-paru melalui saluran pernapasan menggunakan alat bantu oksigen. Pemberian oksigen kepada klien dapat melalui tiga cara, yaitu melalui kateter nasal, kanula nasal, dan masker oksigen.

Dikutip dari berbagai sumber.

 Manfaat oksigen dalam kehidupan sehari-hari

  • Diperlukan dalam sistem pernafasan

Okisigen  dierlukan dalam proses pernafasan pada  manusia, dan binatang dikarenakan oksigen memiliki peran sebagai pemenuhan kebutuhan metabolisme tubuh. Dalam pernapasan manusia dan binatang lain, udara yang dihirup dibuat bersentuhan dengan darah dalam paru-paru. Di situ hemogoblin merah tua dari pembuluh darah balik bereaksi dengan oksigen dan membentuk oksihemoglobin, komponen merah menyala dalam darah nadi. Oksihemogoblin ini diangkut lewat pembuluh darah ke sel-sel, di mana oksigen digunakan untuk mengoksidasi makanan menjadi karbon dioksida, air dan produk-produk lain.

  • Membantu fungsi sel-sel tubuh manusia

Salah satunya adalah di dalam tubuh manusia ada bakteri aerob yang hanya bisa hidup dikarenakan  adanya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri inilah yang bertanggung jawab terhadap terjadinya penguraian limbah yang dilakukan oleh bakteri aerob didalam usus.

  • Mencegah pertumbuhan sel anaerob

Oksigen mencegah pertumbuhan sel anaerob pada tubuh. Dimana bakteri anaerob pada tubuh, bila kekurangan kadar oksigen, maka perkembangannya akan meningkat. Sehingga limbah yang dihasilkan bertumpuk dan membahayakan tubuh.

  • Membantu sistem peredaran darah
Baca :  Kumpulan Puisi Ibu

Sistem peredaran darah pada manusia dipengaruhi oleh adanya oksigen. Tubuh membutuhkan oksigen dengan nilai persentase 90% keatas. Karena ketika oksigen didalam darah berkurang,  Maka akan menyebabkan kesulitan bernafas(sesak nafas).

  • Mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini

Kulit memang hal yang sangat sensitif, bahkan terkadang banyak oang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mempercantik diri termasuk mencegah proses penuaan dini karena faktor umur, lingkungan yang tidak bersih. Khusus pada wanita yang memiliki sistem  metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan proses penuaan relatif lebih cepat dari pada yang dialami oleh pria. air oksigen adalah solusinya.

Air oksigen sendiri membantu pembentukan jaringan pernafasan pada kult, sehingga metabolisme menjadi aktif untuk menghilangkan racun. Oksigen menangkal radikal bebas, sehingga memantu regenarasi sel-sel pada kulit wajah sepeti manfaat vitamin E.

  • mengoptialkan daya ingat

sirkulasi oksigen pada tubuh berpengaruh terhadap fungsi otak. Jika oksigen masuk ke otak secara stabil, maka daya ingat serta kecerdasan otak menjadi meningkat.

  • mencegah kanker, asma dan penyakit lainnya

kadar oksigen yang tinggi di dalam tubuh menyebabkan sel-sel penyakit seperti kanker menjadi tidak dapat tumbuh. Pada saat sel tumbuhan dengan lebih banyak ruang tanpa oksigen, menyebabkan sel-sel lebih leluasa untuk menyerang dengan pertumbuhan sel yang menjadi tidak terkendali. Tapi ketika ruang kosong tersebut terisi dengan oksigen, makan pertumbuhan sel abormal ini, menjadi berkurang bahkan hampir hilang.

  • Mengatasi Stress

kebanyakan dari kita mengalami stress serta gugup. Ketika kita stress pikiran cenderung menjadi migran dan terasa bosan. Namun manfaat oksigen dengan cara mengambil nafas panjang, penarikan nafas panjang ini berrfungsi untuk membantu terbukanya paru-paru hinggga bisa menyerap energi yang bisa memperbaiki sel-sel tubuh, sehingga pikiran menjadi lebih segar.

  • menjaga kekebalan tubuh

tidak hanya mengkonsumsi manfaat buah-buahan dan sayuran yang mampu meningkatkan imunitas. Namun tubuh yang memiliki kadar oksigen cukup, akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih stabil. Hal ini kan membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan dari virus, bakteri dan bibit penyakit.

  • Membantu degenerasi sel secara biologi

Oksigen yang melimpah di dalam tubuh akan membantu degenerasi sel secara biologi dengan maksimal.

  • support energi tubuh

oksigen yang cukup pada tubuh mebuat sel-sel berfungsi secara normal sehingga membuat fungsi tubuh manusia dapat bekerja secara optimal, dengan adanya energi dari oksigen yang cukup.

  • Kegunaan  oksigen dalam industri

Udara yang diperkaya dengan oksigen lazim digunakan dalam peralatan oksigen untuk peranti pernapasan di rumah sakit, pesawat terbang, tambang dan kapal selam.

  • Membantu pembakaran

Syarat terjadinya pembakaran haruslah ada tiga komponen penting, yaitu sumber panas, bahan bakar serta oksigen.

  • Menerbangkan pesawat

Pesawat terbang hanya mampu terbang dengan ketinggian maksimum 11 km. Hal ini dikarenakan semakin tinggi terbangnya, maka akan semakin berkurang kadar oksigen di udara.

  • Dimanfaatkan roket pesawat angkasa
Baca :  Pengertian Jaringan Floem Dan Unsurnya

Oksigen muurni yang ada di atmosfer dimanfaatkan roket untuk bahan bakar yang menghasilkan gaya dorong sehingga roket dapat bergerak, baik maju ataupun melesat ke atas.

  • Diperlukan untuk mengelas

Oksigen murni yang digunaka secara bersamaan dengan gas asitilen digunakan untuk mengelas.

  • Untuk melakukan penyelaman

Tidak ada manusia yang mampu menyelam lama di air tanpa adanya alat bantu penyelaman. Karena manusia terbiasa bernafas dengan oksigen menggunakan tabung.

  • Oksigen di kapal selam

Kapal selam memerlukan oksigen yang cukup untuk melakukan penyelaman, karena muatan manusia di dalamnya memrlukan oksigen untuk bernapas. Ketika di dalam air, sirkulasi udara menggunakan tenaga listrik yang berasal dari baterai. Saat kapal kembali mangapung, maka katup penampung akan terisi udara kembali.

  • Diperlukan dalam industri baja

Oksigen murni dalam jumlah yang besar juga digunakan untuk membakar kelebihan arang dari dalam besi lelehan dalam pabrik baja.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *