Pengertian rectifier (penyearah gelombang) dan Jenisnya

Posted on

Pengertian rectifier (penyearah gelombang) dan Jenisnya – Penyearah gelombang (rectifier) adalah bagian dari power supply/ catu daya yang berfungsi untuk mengubah sinyal tegangan AC (Alternating Current) menjadi tegangan DC (Direct Current). Untuk menyearahkan gelombang biasanya digunakan dioda.

Definisi Penyearah gelombang (rectifier)

Pengertian Rectifier adalah alat yang digunakan untuk mengubah sumber arus bolak-balik (AC) menjadi sinyal sumber arus searah (DC). Gelombang AC yang berbentuk gelombang sinus hanya dapat dilihat dengan alat ukur CRO. Rangkaian rectifier banyak menggunakan transformator step down yang digunakan untuk menurunkan tegangan sesuai dengan perbandingan transformasi transformator yang digunakan. Di dalam rectifier trdapat sebuah batere, yang berfungsi untuk menyimpan tegangan DC. Untuk itu rectifier ini harus disesuaikan kapasitasnya dengan kapasitas batere yang terpasang.

Jenis Penyearah gelombang (rectifier)

1. Penyearah setengah gelombang merupakan rangkaian penyearah yang paling sederhana, yaitu yang terdiri dari satu dioda. hasil penyearah hanya pada bagian positif, yaitu setengah panjang gelombang dari tegangan bolak-balik sebagai sumbernya. Penyearah setengah gelombang menggunakan 1 buah diode sebagai komponen utama dalam menyearahkan gelombang AC. Pada saat arus bolak-balik mengalir positif pada setengah panjang gelombang pertama, sesuai arah panah dioda, diode akan mengalirkan arus. Pada saat arus bolak-balik mengalir negatif pada setengah panjang gelombang berikutnya, berlawanan dengan arah dioda, diode tidak melewatkan arus.

Prinsip kerja penyearah setengah gelombang adalah bahwa pada saat sinyal input berupa siklus positip maka dioda mendapat bias maju sehingga arus (i) mengalir ke beban
(RL), dan sebaliknya bila sinyal input berupa siklus negatip maka dioda mendapat bias mundur sehingga tidak mengalir arus. Bentuk gelombang tegangan input (vi) ditunjukkan pada (b) dan arus beban (i) pada (c).

2. Penyearah Gelombang Penuh. Rangkaian penyearah gelombang penuh ini merupakan gabungan dua buah penyearah setengah gelombang yang hidupnya bergantian setiap setengah siklus, sehingga arus maupun tegangan rata-ratanya adalah dua kali dari penyearah setengah gelombang.
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *