Pengertian Resensi serta Jenis Dan Tujuannya

Posted on

Pengertian Resensi serta Jenis Dan Tujuannya – Apakah Yang dimaksud dengan Resensi…? Batasan dari suatu Resensi adalah Suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. Dan Komentar atau ulasan atas sebuah hasil karya; buku, film, dan karya seni lainnya. Resensi harus faktual, objektif, dan bertolak dari pandangan yang positif. Resensi harus menyajikan kualitas sebuah karya yang berhubungan dengan keunggulan dan kekurangan sebuah karya.

Definisi Resensi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah “pertimbangan atau pembicaraan tentang buku”. Resensi disebut juga ulasan atau penilaian terhadap suatu karya, baik berupa buku, film, atau Karya Lainya.
Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata kerja revidere atau recensere . Artinya melihat kembali, menimbang, atau menilai. Arti yang sama untuk istilah itu dalam bahasa belanda dikenal dengan recensie, sedangkan dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah review. Tiga istilah itu mengacu pada hal yang sama, yakni mengulas buku.
Menurut Saryono (1997:56) Pengertian Resensi sebagai sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya adalah laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya , benar-salahnya, argumentatif- tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto copi sampul buku
Menurut WJS Poerwadarminta (dalam romli, 2003: 75) resensi secara bahasa sebagai pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli.
Secara sederhana, tindakan meresensi dapat diartikan kegiatan yang memberikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas, atau mengkritik suatu buku. Selain menginformasikan isi buku kepada masyarakat luas, tujuan
resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.

Jenis-Jenis Resensi

  • Resensi Informatif, yaitu resensi yang hanya menyampaikan isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
  • Resensi Deskriptif, yaitu resensi yang membahas secara detail pada tiap bagian atau babnya.
  • Resensi Kritis, yaitu resensi yang berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi biasanya kritis dan objektif dalam menilai isi buku.
Namun, ketiga jenis resensi di atas tidak baku karena bisa saja dalam sebuah resensi ketiganya diterapkan secara bersamaan.

Tujuan Menulis Resensi

  • Menjembatani keinginan atau selera penulis kepada pembacanya.
  • Menyampaikan informasi apakah sebuah buku atau hasil karya yang diresensi tersebut layak mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.
  • Memotivasi pembaca agar membaca/ menonton / melihat karya yang diresensi secara langsung.
  • Mengeritik, mengoreksi, atau memperlihatkan kualitas buku, baik kelebihan maupun kekurangannya.
  • Untuk memperoleh honorarium atau imbalan dari media cetak yang memuat hasil resensinya.

Sistematika Resensi

  • Cantumkan tema atau judul karya yang diresensi.
  • Sebutkan nama pengarang, judul karya, penerbit, tempat terbit, jumlah bab, dan jumlah halaman.
  • Kemukakan sistematika, bahasa, dan ringkasan karya yang diresensi.
  • Jelaskan kualitas karya yang diresensi, kekuatan dan kelemahannya, serta perbedaannya dengan karya
  • Sejenis yang sudah ada.
  • Sampaikan pendapat dan simpulanpenulis resensi secara pribadi.
  • Tuliskan identitas Anda selaku penulis resensi.
Baca :  Kerajaan Islam di Indonesia,Sejarah,Bukti Peninggalannya
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *