Pengertian Sopan Santun dan Contoh dalam kehidupan sehari-hari

Posted on

Pengertian Sopan Santun dan Contoh dalam kehidupan sehari-hari – Nah Sikap sopan santun adalah merupakan Ciri Khas dari bangsa inidonesia. Tahukah anda Apa itu Sopan Santun…? Sopan santun merupakan istilah bahasa Jawa yang dapat diartikan sebagai perilaku seseorang yang menjunjung tinggi nilai-nilai menghormati, menghargai, dan berakhlak mulia. Sopan santun bisa dianggap sebagai norma tidak tertulis yang mengatur bagaimana seharusnya kita bersikap atau berperilaku. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Sopan Santun.

Definisi Sopan Santun

Secara etimologis sopan santun berasal dari dua kata, yaitu kata sopan dan santun. Keduanya telah digabung menjadi sebuah kata majemuk. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sopan santun dapat diartikan sebagai berikut: Sopan artinya hormat dengan tak lazim (akan, kepada) tertib menurut adab yang baik. Atau bisa
dikatakan sebagai cerminan kognitif (pengetahuan). Sedangkan santun artinya halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya); sopan, sabar; tenang. Atau bisa dikatakan cerminan psikomotorik (penerapan pengetahuan sopan ke dalam suatu tindakan).

Apabila dilihat dari asal katanya, sopan santun berarti peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari–hari masyarakat tersebut.

Sopan santun ialah suatu tingkah laku yang amat natural. Sopan santun itu adalah sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan, dan dalam situasi, kondisi apapun. Sikap santun yaitu baik, hormat, tersenyum, dan taat kepada suatu peraturan. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja, dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita.

Menurut Zuriah Sopan santun adalah norma tidak tertulis yang mengatur bagaimana seharusnya bersikap dan berperilaku. Sopan santun merupakan istilah bahasa jawa yang dapat diartikan sebagai perilaku seseorang yang menjunjung tinggi nilai-nilai.

Baca :  Teknologi yang Telah Dikembangkan Sejak Kehidupan Manusia Purba

Menurut Adisusilo sopan santun adalah peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok orang. Sopan santun terbentuk oleh kebiasaan masyarakat di daerah tertentu maka pada umumnya tidak tertulis, tetapi menjadi kebiasaan lisan saja, yang jika dilanggar akan mendapat celaan dari masyarakat, tetapi jika ditaati akan mendapat pujian dari masyarakat.

Contoh sopan santun

Adapun contoh sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari :

Di rumah :

  1. Tidak berbicara keras atau kasar kepada orang tua atau orang yang usianya lebih tua daripada kita, seperti kakak, nenek, kakek dan lain-lain.
  2. Tidak memerintah orang tua untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan.
  3. Tidak membantah perintah orang tua.
  4. Mendengarkan bila orang tua sedang berbicara dengan kita
  5. Meminta izin dan mengucapkan salam ketika ingin pergi
Di sekolah :
  1. Menghormati ibu bapak guru
  2. Tidak mengejek sesama teman
  3. Tidak mengobrol ketika guru sedang menerangkan
  4. Membantu teman yang sedang kesulitan
  5. Mematuhi dan melaksanakan perintah yang diberikan guru
  6. Menyapa dan memberi salam saat bertemu guru
Di lingkungan masyarakat :
  1. Menghargai dan menghormati setiap orang, terutama orang yang usianya lebih tua daripada kita.
  2. Menghargai pendapat orang lain.
  3. Tidak memaksakan kehendak sendiri.
  4. Tidak melakukan sesuatu yang melanggar norma-norma, seperti menyakiti ataupun menghina orang lain.
  5. Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan.

Manfaat sopan santun

Manfaat sopan santun bagi diri sendiri:
  • Dapat dihargai, dihormati dan di senangi banyak orang
  • Mendapat kepercayaan dari orang lain
  • Di mata orang lain akan dipandang sebagai orang yang mempunyai perilaku baik
  • Dapat memupuk rasa persaudaraan, pertemanan dan persahabatan
  • Menjaga hubungan baik dan harmonis dengan orang yang ada di sekitar kita
  • Dapat menghindari perselisihan dan pertentangan dengan orang lain
Manfaat sopan santun bagi orang lain:
  • Akan merasa dihargai dan dihormati oleh orang lain
  • Dapat membina dan menjaga hubungan baik
  • Memupuk rasa persaudaraan dan persahabatan
  • Dapat menjadi contoh pembelajaran yang baik
  • Orang lain akan merasa nyaman dekat dengan kita
Baca :  Contoh puisi ke prosa

Sikap sopan santun perlu dikembangkan

Sopan santun sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam bermasyarakat, karena sikap ini sangat erat kaitannya terhadap masyarakat. Jika ada pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan mendapat sanksi dari masyarakat, semisal cemoohan, dikucilkan dan lain-lain.
Oleh karena itu, semua pihak wajib mendorong perilaku kehidupan yang santun, saling menghargai, yang muda menghargai yang tua, yang tua memberikan teladan, agar generasi bangsa kita menjadi maju.

Tahukah kamu? Apa yang dianggap sopan di satu negeri bisa dianggap tidak sopan di negeri lain. Misalnya, di Jepang ada kebiasaan untuk membuka sepatu sebelum masuk ke dalam rumah. Di negeri lain, hal itu bisa dianggap tidak sopan.


Kesimpulan 

Kita harus membiasakan sikap sopan santun mulai dari kecil, karena sikap sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari-hari.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *