Pengertian Statistik Serta Peranan Dan Fungsinya

Posted on

Pengertian Statistik Serta Peranan Dan Fungsinya – Statistik berasal dari bahasa latin yaitu status yang berarti negara atau untuk menyatakan hal-hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Awalnya statistik hanya berkaitan dengan sekumpulan angka mengenai penduduk suatu daerah atau negara dan pendapatan masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman statistik mulai mencakup hal-hal yang lebih luas. Berikut adalah beberapa pengertian statistik.

Definisi Statistik

Menurut Somantri (2006:18) menyatakan statistik diartikan sebagai kumpulan fakta yang berbentuk angka-angka yang disusun dalam bentuk daftar atau tabel yang menggambarkan suatu persoalan.
Menurut Pasaribu (1975:18) mengatakan ada tiga pengertian statistik.

  1. “Statistik merupakan seonggokan atau sekumpulan angka – angka yang menerangkan sesuatu, baik yang sudah tersusun di dalam daftar yang teratur atau grafik maupun belum”.
  2. “Statistik adalah kumpulan dari cara-cara dan aturan-aturan mengenai pengumpulan data (keterangan mengenai sesuatu), penganalisaan dan interpretasi data yang berbentuk angka-angka“.
  3. “Statistik adalah bilangan-bilangan yang menerangkan sifat (characteristic) dari sekumpulan data (pengamatan)“.

Menurut Croxton dan Cowden. Statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengolah dan menyajikan, serta menginterprestasikan data yang berwujud angka-angka.

Menurut Anderson dan Bancroft. Statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian, dan penginterprestasian data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kemungkinan salah

dalam kesimpulan dan estimati dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematika probabilitas (peluang).

Statistik memiliki dua pengertian.

  1. Dalam arti sempit, statistik adalah kumpulan fakta yang berbentuk angka-angka (baik disajikan dalam bentuk tabel maupun tidak) yang menggambarkan suatu persoalan.
  2. Dalam arti luas, statistik adalah kumpulan cara dan aturan mengenai pengumpulan, pengolahan, penyajian, penganalisaan, dan interpretasi data untuk mengambil kesimpulan.

Menurut Modenhall. Statistik merupakan salah satu bidang sains yang berhubungan dengan ekstrasi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk membuat keputusan dari suatu populasi darimana data itu didapatkan.

Menurut Kendal & Stuart. Statistik merupakan cabang dari metode ilmiah yang berkaitan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan mengukur sifat-sifat dari populasi yang ditemukan.

Unsur-Unsur Statistik

  1. Data
  2. Perlakuan Data, Seperti pengumpulan dan pengolahan
  3. Kesimpulan
  4. Angka-Angka

Peranan Statistik

  1. Dalam kehidupan sehari-hari. Statistik memiliki peranan sebagai penyedia bahan-bahan atau keterangan berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan.
  2. Dalam Penelitian Ilmiah. Memiliki peranan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan atau menemukan kembali keterangan-keterangan yang seoalah-olah tersembunyi dalam angka-angka statistik
  3. Dalam ilmu pengetahuan. Memiliki peranan sebagai peralatan analisis dan interprestasi dari data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga didapatkan suatu kesimpulan dari data-data tersebut.

Fungsi Statistik

  1. Bank Data, menyediakan data untuk diolah dan diinterprestasikan agar dapat dipakai untuk menerangkan keadaan yang perlu diketahui atau diungkap.
  2. Alat Quality Control sebagai alat pembantu standardisasi dan sekaligus sebagai alat pengawasan.
  3. Alat analisis meruapakan suatu metode penganalisisan data
  4. Pemecahan masalah dan pembuatan keputusan, sebagai dasar penetapan kebijakan dan langkah lebih lanjut untuk mempertahankan, mengembangkan perusahaan dalam perolehan keuntungan.
Baca :  Makanan khas 34 Provinsi di Indonesia gambar dan keterangan

Referensi
Pokok-pokok materi statistik1 ir. Muh. Iqbal Hasan M.M

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *