Pengertian Strategi Komunikasi Serta Kriteria Dan Tujuannya

Posted on

Pengertian Strategi Komunikasi Serta Kriteria Dan Tujuannya – Strategi komunikasi pada hakikatnya merupakan perencanaan dan manajemen untuk mencapai satu tujuan. Dalam berkomunikasi harus dapat membuat strategi komunikasi terlebih dahulu agar pesan yang kita sampaikan bisa mencapai target komunikasi yang diinginkan.

Definisi Strategi Komunikasi

Menurut Middleton strategi komunikasi adalah kombinasi terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran (media) penerima sampai pada pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal.
Secara Umum Strategi komunikasi adalah tahapan konkret dalam rangkaian aktifitas komunikasi yang berbasis pada satuan teknik bagi pengimplemintasian tujuan komunikasi, adapun tekniknya adalah satu pilihan tindakan komunikasi tertentu berdasarkan strategi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kriteria Strategi Komunikasi

  • Menegidentifikasi visi dan misi.
  • Menentukan program dan kegiatan.
  • Menentukan tujuan dan hasil.
  • Seleksi audiens yang menjadi sasaran.
  • Mengembangkan pesan
  • Identifikasi pembawa pesan
  • Mekanisme komunikasi/media.
  • Scan konteks dan

Tujuan Strategi Komunikasi

  1. Memberitahu (Announcing) Strategi bertujuan untuk memberitahukan informasi inti dari pesan yang ingin disampaikan guna menarik sasaran, yang nantinya akan memunculkan informasi-informasi pendukung lainnya ke permukaan.
  2. Memotivasi (Motivating) Sesorang melakukan tindakan dimulai dari motivasi yang ia ciptakan, maka dari itu strategi bertujuan untuk memotivasi seseorang agar melakuan hal berkaitan dengan tujuan atau isi pesan yang hendak disampaikan.
  3. Mendidik (Educating) Lebih dari sekedar memberitahu, strategi bertujuan untuk mendidik melalui pesan yang disampaikan sehingga masyarakat dapat menilai baik buruk atau perlu tidaknya menerima pesan yang kita sampaikan.
  4. Menyebarkan informasi (Informing) Untuk mengefektifkan komunikasi, strategi bertujuan untuk menyebarkan informasi secara spesifik sesuai dengan sasaran atau target komunikan yang telah ditentukan.
  5. Mendukung pembuatan keputusan (Supporting decision making) Strategi disini bertujuan untuk membuat seseorang berani mengambil keputusan dari rangkaian penyampaian informasi yang didapatnya.
Referensi
Perencanaan Strategi Komunikasi
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *