Pengertian Tabulasi dan Bentuknya

Posted on

Pengertian Tabulasi dan Bentuknya – Apa yang dimaksud dengan Tabulasi..? untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi maka diperlukan data yang akurat… Nah untuk menjadikan informasi itu lebih menjadi akurat maka diperlukan Tabulasi data. Berikut adalah penjelasan tentang seputar pengertian Tabulasi dan Bentuk Tabulasi.

Definisi Tabulasi

Pengertian Tabulasi adalah pembuatan tabel-tabel yang berisi data yang telah diberi kode sesuai dengan analisis yang dibutuhkan. Dalam melakukan tabulasi diperlukan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan.
Pengertian tabulasi dalam pengolahan data adalah usaha penyajian data dengan bentuk tabel. Pengolahan data yang berbentuk tabel ini dapat berbentuk tabel distribusi frekwensi maupun dapat berbentuk tabel silang. Tabulating merupakan penyajian yang banyak
digunakan karena lebih efisien dan cukup komunikatif.

Dapat Juga dikatakan bahwa Tabulasi adalah mengatur informasi agar menjadi terorganisir sehingga bisa mudah dipelajari, disimpulkan dan disimpan
Tabulasi Contohnya adalah mengatur data penduduk agar dapat dilakukan perhitungan jumlah penduduk, jenis kelamin dan usaia. Pengelompokkan juga perlu dilakukan berdasar daerah asal penduduk.

Tabel hasil tabulasi dapat berbentuk

  1. Tabel pemindahan, yaitu tabel tempat memindahkan kode-kode dari kuesioner atau pencatatan pengamatan. Tabel ini berfungsi sebagai arsip.
  2. Tabel biasa, adalah tabel yang disusun berdasar sifat responden tertentu dan tujuan tertentu.
  3. Tabel analisis, tabel yang memuat suatu jenis informasi yang telah dianalisa.
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *