Pengertian Tesis Serta Karakteristik Dan Fungsinya

Posted on

Pengertian Tesis Serta Karakteristik Dan Fungsinya – Tesis dibuat sebagai salah satu persyaratan mencapai gelar kependidikan pasca sarjana. Tujuan penulisan Tesis adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan membahas permasalahan serta dapat menuangkannya secara sistematis dan terstruktur. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian tesis serta Karakteristik dan Fungsi Tesis

Definisi Tesis

Tesis merupakan karya ilmiah jenjang pendidikan tinggi berdasarkan atas hasil penelitian pribadi di lapangan atau riset kepustakaan yang disusun oleh mahasiswa sesuai prosedur yang ditetapkan sebagai bagian kegiatan akademik Program Magister.

Dikutip dari wikipedia Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah; untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada perguruan tinggi. Tesis juga dapat berarti sebuah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa. Tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam ilmu pendidikan sesuai ilmu yang telah dipelajari.

Tesis merupakan mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa program Magister sebagai salah satu persyaratan penyelesaian studi untuk memperoleh gelar Magister. Sebagai tugas akhir, Tesis harus memenuhi persyaratan:

  • Dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dibawah bimbingan dosen,
  • Mempunyai nilai manfaat tinggi untuk
pengembangan teori dan praktik dalam bidang pendidikan dan/atau nonkependidikan dengan dukungan fakta empirik,

  • Bersifat inovatif, mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang pendidikan atau nonkependidikan atau praktik profesionalnya,
  • Menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir dan berkarya untuk memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang pendidikan dan nonkependidikan melalui pendekatan inter atau multi disipliner.

Karakteristik Tesis

  • Berfokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang tercakup dalam salah satu disiplin dalam ilmu pendidikan sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh mahasiswa yang bersangkutan.
  • Merupakan pengujian empirik terhadap posisi teoritik tertentu.
  • Menggunakan data primer sebagai data utama yang dapat ditunjang oleh data sekunder.
  • Ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali untuk program studi bahasa asing.
Baca :  Pengertian Karbon Dioksida Manfaat serta bahayanya

Fungsi Tesis

Fungsi Tesis merupakan acuan bagi mahasiswa, dosen pembimbing, reviewer, penguji, pengelola, dan pihak-pihak lain yang terkait dalam proses penyusunan Tesis atau Disertasi mulai dari mata kuliah Proyek Penulisan Proposal Tesis, Proyek Penulisan Proposal Disertasi, proposal, penelitian, penyusunan laporan, ujian, sampai dengan tahap penilaian. Pedoman ini mengatur hal-hal yang bersifat substantif dan teknis, dengan kemungkinan pengembangan dan penyesuaian lebih lanjut, sejalan dengan keragaman topik, pendekatan, proses, dan jenis penelitian..

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *